Pelatihan Pengenalan Mikrobiota Perairan di SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur

IPB University melalui Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan kembali menyelenggarakan program pengabdian masyarakat berupa Pelatihan Pengenalan Mikrobiota Perairan. Tujuan diselenggarakannya program ini adalah untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang perikanan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu (11/12), dan bertempat di SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur pada minat Agribisnis Perikanan Air Tawar. SMKN Pertanian Pembangunan Cianjur merupakan salah satu pionir dalam mencetak pelaku perikanan Indonesia, khususnya di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Tim yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri atas dosen dan staf kependidikan Departemen MSP. Anggota tim yang turun langsung dalam kegiatan ini adalah Dr Ir Niken TM Pratiwi, MSi, Inna Puspa Ayu, MSi, Aliati Iswantari, MSi, Dwi Yuni Wulandari, MSi, Siti Nursiyamah, Reza Zulmi, MSi, dan Leo Oscar, SPi. Selama berlangsungnya kegiatan, tim memberi edukasi dan pengenalan mengenai mikrobiota perairan.

Dr Niken TMP sebagai Narasumber Pelatihan Pengenalan Mikrobiota Perairan

Menurut Dr Ir Niken TM Pratiwi, plankton yang merupakan mikrobiota perairan memiliki peranan yang sangat istimewa bagi kegiatan perikanan. Sebagai contoh, fitoplankton memiliki peran sebagai penyuplai oksigen dan sebagian menjadi pakan alami di lingkungan perairan. Namun, ada beberapa jenis plankton yang keberadaannya kurang menguntungkan di perairan. Salah satu kelompok plankton yang dapat merugikan yakni kelompok Cyanophyta. Kerugian yang disebabkan Cyanophyta adalah ketika terjadi pertumbuhan populasi yang terlalu cepat (blooming), dan selanjutnya diikuti oleh kematian massal dari populasi tersebut. Kondisi ini dapat mengakibatkan penurunan oksigen terlarut secara mendadak di perairan. Oleh karena itu, pengenalan terkait mikrobiota perairan sangat penting untuk kegiatan perikanan.

Inna Puspa Ayu, M.Si Memberikan Materi Pelatihan Pengenalan Mikrobiota Perairan

Informasi lain yang turut disampaikan dalam pelatihan ini adalah pengenalan terkait infusoria, bakteri akuatik, kultur plankton, serta praktek untuk mengamati dan menumbuhkan berbagai mikrobiota perairan.

Kata kunci: cyanophyta, mikrobiota, pengabdian masyarakat