Pada 7 Mei 2020 Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper) kabinet “Serentak” dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Himalkom) kabinet “Collaboration” mengadakan studi banding online yang dilaksanakan di whatsapp group dan google meet. Studi banding online ini pertama kali diadakan di IPB University oleh Himasper yang berkolaborasi dengan Himalkom. Jumlah peserta yang hadir yaitu 108 orang diantaranya 70 pengurus Himasper dan 38 pengurus Himalkom.

Himasper mempunyai program kerja yaitu studi banding. Program kerja ini untuk menjalin silaturahmi kepada himpunan profesi yang berada di IPB University dan menambah jaringan relasi agar bisa berkolaborasi pada program kerja berikutnya. Kegiatan ini berlangsung sangat seru dan menyenangkan dimulai dari saling bertukar sticker di whatsapp group, penyampaian sambutan dari masing-masing pihak, sesi tanya jawab dan dilanjutkan diskusi setiap divisi. Contohnya Divisi Eksternal dan Bisnis Himasper yang berdiskusi dengan Divisi Eksternal Himalkom yang dilanjutkan di google meet yang berjalan sangat seru. Bertukar pengalaman dan saling memotivasi itulah yang Himasper dan Himalkom lakukan dan masih banyak kegiatan menyenangkan lainnya.

Pada sesi tanya jawab Himasper mengatakan untuk tetap berhubungan erat di tengah pandemi COVID-19. Selain studi banding, Himasper juga mengadakan One Hour Clocer (OHC) dengan narasumber para pimpinan Himasper sendiri dan juga berbagi sembako kepada warga Bogor dan mahasiswa yang masih tinggal di sekitar IPB University melalui galang dana serta masih banyak program kerja yang dilakukan secara online. Program kerja tersebut seperti “Talk From Home” yang narasumbernya dari para alumni dan “Studi Banding Online” yang berkolaborasi dengan himpunan profesi di IPB University.

Sementara itu Himalkom mengadakan ITalks yang dilaksanakan di Spotify berupa podcast dengan narasumber para alumni.

Di tengah pandemi COVID-19 ini diadakannya studi banding online diharapkan dapat tetap membangun silaturahmi antar himpunan profesi dan juga menjaga rasa kekeluargaan antar himpunan profesi. Pandemi COVID-19  tidak membatasi Himasper dan Himalkom untuk tetap berhubungan baik.
(*/RA)

Sumber: Humas IPB