REDESIGNING KURIKULUM PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN, Departemen MSP-FPIK-IPB.

Lulusan PS MSP kalau lulus punya kemampuan apa? Apakah keahliannya cukup mumpuni untuk menjawab dinamika permasalahan yang relevan dengan pengelolaan sumberdaya dan lingkungan perairan? 
Pertanyaannya dibalik, apakah MSP sendiri sudah menyiapkan langkah2 antisipatif? Apakah kurikulumnya sudah in harmony dengan industri 4.0? Apakah ramuan mata kuliah akan mampu menghasilkan sarjana yang inovatif, kreatif, dan survive di era disruptive ini?

Menjawab itu, Staf Pendidik Departemen MSP FPIK IPB sudah dan sedang menggodok Kurikulum MSP 4.0. Ternyata banyak hal yang harus dibenahi terutama sinkronisasi dan improvement mata kuliah (course contents) dengan capaian pembrlajaran (learning outcomes). Perjalanan panjang kami masih terus berlangsung, salah satunya dengan lokakarya pendidikan yang telah dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 20 Juli 2019 di Hootel Aston-Bogor. Diskusi hangat dan kadang semacam Hard Talk selam berlangsungnya rapat, tetapi semua tetap kompak demi kemajuan MSP. BRAVO MSP. Kita sambut Kurikulum MSP 4.0.

Sumber: Dr.Ir. Mukhlis Kamal, M.Sc