Perjuangan Hidup yang Menginspirasi dari Noviana, Lulusan Terbaik Program Sarjana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Wisuda Tahap III Tahun 2019

Noviana – Lulusan terbaik Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada Wisuda Tahap III 2019/2020

Noviana, mahasiswi Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, menjadi lulusan terbaik dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB pada Wisuda Tahap III, 11 Desember 2019. Noviana adalah putri terakhir dari pasangan Bapak Ang Pho Huat dan Ibu Kusmarini. Ia dibesarkan dari keluarga yang sederhana, ayahnya bekerja sebagai karyawan pabrik pengolahan plastik, dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.

Noviana adalah pribadi yang pantang menyerah dan pekerja keras. Meski memiliki keterbatasan dana, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang baginya dalam meraih cita-cita. Tahun 2015 lalu ia diterima di Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK–IPB melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selama menjalani masa pekuliahan di IPB, ia mendapat berbagai beasiswa pendidikan. Pada tingkat Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU), ia memperoleh beasiswa dari Pemerintah Jawa Barat. Kemudian di semester empat, ia memperoleh beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Kemenristekdikti. Selanjutnya ia memperoleh beasiswa Tanoto Foundation terhitung sejak semester empat hingga semester delapan.

Selain berprestasi, Noviana juga turut aktif dalam berbagai kegiatan non akademik. Tahun 2016 lalu ia mendapat penghargaan dari Rektor IPB atas IPK 4.0 yang diperolehnya. Berbagai pengalaman mengajar menjadi asistem mata kuliah yang pernah dijalani Noviana adalah sebagai Asisten Luar Biasa mata kuliah Avertebrata Air, asisten praktikum Kualitas Air, dan asisten mata kuliah Agama Kristen Protestan. Kegiatan non akademik yang turut diikuti oleh Noviana yakni menjadi pengurus di Tanoto Scholars Association (TSA) IPB, terlibat aktif dalam kegiatan Bina Desa di Kahuripan Bogor yang diselenggarakankan oleh TSA IPB, dan aktif sebagai pengurus di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persekutuan Mahasiswa Kristen IPB.

Noviana memiliki minat dan kecintaan dalam pengelolaan sumber daya ikan. Hal tersebut kemudian ia wujudkan dengan terlibat sebagai anggota peneliti Ekologi Komunitas Ikan di Ekosistem Padang Lamun, Taman Nasional Kepulauan Seribu yang dipimpin oleh Charles P.H. Simanjuntak, PhD (Dosen Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK–IPB), Dr. Djumanto (Dosen Departemen Perikanan UGM), dan Dr. Ahmad Zahid (Dosen Politeknik Perikanan Jembrana, Bali). Noviana mengambil topik komunitas ikan di perairan padang lamun Pulau Karang Congkak, Taman Nasional Kepulauan Seribu sebagai riset untuk skripsinya. Selama penulisan dan penyelesaian skripsi, ia dibimbing oleh Charles P.H. Simanjuntak, PhD dan Dr. Djumanto. Dengan semangat juang yang tinggi, Noviana berhasil menyelesaikan penelitian, seminar dan lulus ujian sidang skripsi dengan nilai sangat memuaskan (excellent).

Noviana tidak berjuang seorang diri. Ia memiliki seorang kakak perempuan bernama Dessy yang menempuh kuliah di Fakultas Ilmu Akuntansi, Universitas Indonesia. Mungkin titik terberat yang dialami dua bersaudara ini adalah ketika ibunda mereka divonis sakit, dan harus menjalani terapi cuci darah tiap minggunya. Perjuangan mereka dalam menyelesaikan pendidikan kembali diuji ketika sang ayah menderita sakit jantung, sehingga tidak dapat bekerja seperti dulu.

Noviana & keluarga bersama dengan dosen pembimbing (Charles P.H. Simanjuntak, PhD)

 

Didorong cinta kasih dan bakti kepada kedua orang tua, Noviana dan Dessy tidak berhenti dalam menggapai impian. Keduanya terus berusaha menyelesaikan jenjang pendidikan meski berbagai cobaan mereka rasakan. Kerja keras dan doa keduanya pun berbuah manis. Noviana dan Dessy berhasil menyelesaikan studi dan memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik di fakultasnya masing-masing. Saat ini Noviana telah memperoleh pekerjaan di salah satu Bank Swasta yang ada di Jakarta, sementara sang kakak bekerja di Perusahaan Jasa Konsultan Pajak di Jakarta.

Noviana – Lulusan terbaik Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada Wisuda Tahap III 2019/2020

Noviana menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang turut membantunya dalam menggapai impian. Seperti dosen pembimbing akademik (Ibu Dr. Majariana Krisanti), semua dosen PPKU–IPB dan FPIK–IPB, Dekan dan Wakil Dekan FPIK–IPB, Staf Tendik MSP FPIK–IPB (Ibu Mery Rusmini, Alia Kuswardana, Widaryanti, Aries Asriansyah, Sukartina), Dosen Pembina UKM PMK–IPB, anggota peneliti Ekologi Komunitas Ikan di Ekosistem Padang Lamun, Taman Nasional Kepulauan Seribu (Prof. MF Rahardjo, Adinda Kurnia Putri, Didit Abdillah, Claudia Oivia, Anggun Gusti Cahyani, Puspita Pratiwi, Faqih Baihaqi, Syahlul Fadhil), Gereja Babtis Indonesia Taman Wisma Asri Bekasi, Pak Pdt. Petrus Agus Prihanto, dan Ibu Veronika Tri Wulaningsih.

Banyak pelajaran dan nilai-nilai kehidupan yang Noviana dapat selama masa-masa perkuliahan. Jadikan semuanya bekal untuk berkiprah di dunia kerja. Selamat berkarya Noviana. Selamat mengharumkan nama IPB di manapun Noviana berada. Jayalah IPB kita, Jayalah Indonesia.