Magister (S2)

Silabus Mata Kuliah

MSP501 Metode Penelitian Sumberdaya Perairan 3(2-1)
 
Penerapan konsep dan metode ilmiah dalam berbagai penelitian (eksplorasi, pengembangan atau verifikasi) serta permasalahannya dalam bidang ilmu pengelolaan sumberdaya dan lingkungan perairan. Filosofi penelitian ilmiah. Perumusan masalah dan tujuan penelitian, pengembangan teori dan pendekatan masalah.
Sigid Hariyadi

Kadarwan Soewardi

Mennofatria Boer

 

MSP511 Produktivitas Perairan 3(2-1)
 
Faktor dan proses penentu produktivitas perairan, termasuk trofodinamika. Strategi adaptasi dan suksesi sejalan dengan perkembangan tingkat produktivitas perairan. Prinsip dasar penerapan faktor pembatas.
Yusli Wardiatno

Niken Tunjung Murti Pratiwi

Sigid Hariyadi

 

MSP512 Pengelolaan Pencemaran Perairan 3(2-1)
 
Sumber, jenis dan sifat bahan pencemar dan proses yang dialaminya di perairan (danau, waduk, sungai, pesisir dan laut). Kaitannya dengan parameter kualitas air. Evaluasi tingkat pencemaran dan pengaruhnya terhadap biota air dan lingkungan perairan. Prinsip dasar pengelolaan perairan, pencegahan dan pengendalian pencemaran perairan, termasuk pengolahan air limbah.
Sigid Hariyadi

Yusli Wardiatno

Hefni Efendi

Majariana Krisanti

 

MSP521 Ekobiologi Ikan 3(2-1)
 
Proses interaksi ikan dengan lingkungannya (faktor fisika-kimia-biologi) berkenaan dengan: distribusi spasio-temporal dan keberadaan ikan, pemangsaan, persaingan intra dan interspesifik, pemijahan, pertumbuhan, makanan, tingkah laku, dan sintasan ikan, termasuk respon organisme terhadap perubahan lingkungan dan pencemaran secara fisiologi.

Sulistiono

Muhammad Fajar Rahardjo

Ridwan Affandi

Muhammad Mukhlis Kamal

Charles PH. Simanjuntak

 

 

MSP522 Ekofisiologi Hewan Air 3(2-1)
 
Konsep interaksi lingkungan-hewan air, pengaruh variabel lingkungan terhadap proses-proses fisiologis hewan air. Respon organisme terhadap perubahan lingkungan (endokrin, struktur, dan tingkah laku). Analisis keterkaitan vitalitas hewan air (ikan, krustasea, moluska) dengan bahan-bahan toksik melalui pendekatan proses absorbsi, distribusi, dan biotransformasi. Strategi adaptasi pada hewan air tawar payau, dan laut.

Ridwan Affandi

Djamar TF. Lumban Batu

Etty Riani

 

 

MSP531 Dinamika Populasi Ikan 3(2-1)
 
Perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu populasi (stok) ikan yang mencakup pertumbuhan, mortalitas, rekruitmen dan reproduksi. Disamping itu, tercakup pula berbagai metode untuk pendugaan kelimpahan ikan.
Mennofatria Boer

Yonvitner

Rahmat Kurnia

 

MSP60A Kolokium 1(1-0)
 
Berdasarkan proposal untuk penelitian tesisnya mahasiwa diwajibkan memaparkan usulan penelitiannya tersebut dalam suatu forum ilmiah yang disebut kolokium. Kegiatan kolokium ini dimaksudkan agar setiap mahasiswa dapat memaparkan proposal penelitiannya dihadapan mahasiswa lainnya baik dalam program studi maupun luar program studi; dosen pengampu mata kuliah atau komisi pembimbing dan program studi. Mahasiswa diharapkan akan mendapatkan masukan, mempertajam kerangka teoritis dan memperjelas metode, untuk penyempurnaan proposal penelitian. Setiap mahasiswa dapat mengambil mata kuliah ini lebih dari satu kali jika proposal penelitian belum dilaksanakan.
Ketua Program Studi

 

 

MSP60L Proposal 2(2-0)
 
Sebelum melakukan penelitian untuk penyusunan tesis, mahasiswa diharuskan untuk menyusun proposal atau usulan rencana penelitiannya sesuai kaidah keilmuan dan sesuai format yang berlaku. Proposal harus memuat latar belakang penelitian; perumusan masalah, hipotesis, tujuan penelitian; dan metode penelitian yang jelas. Proposal disetujui oleh komisi pembimbing, Ketua Program Studi dan Sekretaris SPs.

Ketua Program Studi

 

 

MSP60M Publikasi Ilmiah 2(2-0)
 
Mahasiswa Program Magister diwajibkan untuk mempublikasikan satu artikel hasil penelitiannya pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Publikasi pada jurnal nasional terakreditasi merupakan persyaratan sebelum mahasiswa melakukan sidang ujian tesis.

Ketua Program Studi

 

 

MSP60N Ujian Tesis 2(2-0)
 
Sidang ujian tesis dilakukan untuk menguji pengetahuan calon lulusan program magister terkait dengan program studi dan tesis hasil penelitiannya. Jika belum layak, mahasiswa dapat dinyatakan tidak lulus. Mahasiswa diberikan kesempatan mengulang satu kali ujian, yang dapat dilaksanakan paling cepat dua bulan setelah ujian pertama. Mahasiswa yang tidak lulus ujian dua kali dinyatakan drop out dari SPs IPB.

Ketua Program Studi

 

 

MSP60P Tesis 6(6-0)
 
Setiap mahasiswa program magister wajib menghasilkan tesis pada akhir masa studi. Tesis merupakan karya ilmiah hasil penelitiannya selama studi program mgister, yang disusun sesuai kaidah ilmiah dan sesuai format tesis yang dibakukan dalam buku Pedoman Penyajian Karya Ilmiah. Tesis disetujui oleh komisi pembimbing, Ketua Program Studi dan Dekan Sekolah Pascasarjana IPB.

 

Ketua Program Studi

 

 

MSP612 Pengelolaan Sumberdaya Perairan Lanjutan 3(2-3)
 
Pemahaman mengenai konsep, analisis dan diagnosis dinamika ekosistem perairan, eutrofikasi dan pencemaran, kelayakan dan optimalisasi pendayagunaan berlandaskan daya dukung, single dan multi parameter. Analisis dan sistem monitoring dinamika kualitas perairan, perencanaan strategis pengelolaan sumberdaya perairan, mencakup aspek kelembagaan.
Kadarwan Soewardi

Bambang Widigdo

Taryono

 

MSP61A Eutrofikasi & Mikrobiologi Perairan 3(2-3)
 
Konsep dan implikasi ekologis dari eutrofikasi. Prediksi dan evaluasi dampak eutrofikasi terhadap kualitas air dan produktivitas perairan. Dasar fungsi dan acuan pengelolaan: pemanfaatan, pengendalian dan pemulihan kembali perairan eutrof. Peran dan manfaat mikroba dan tumbuhan air untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas perairan.
Niken Tunjung Murti Pratiwi

Sigid Hariyadi

Ario Damar

 

 

MSP61B

Benthologi 3(2-1)
 
Pemahaman mengenai biota dasar perairan (benthos), peranannya dalam ekosistem perairan dan sebagai bioindikator lingkungan perairan, termasuk metode atau teknik pengamatan, pengambilan sampel dan identifikasinya.
Yusli Wardiatno

Majariana Krisanti

 

MSP621 Ekobiologi Krustasea dan Moluska 3(2-1)
 
Distribusi, pertumbuhan, survival, pemijahan, dan struktur komunitas krustase dan moluska serta kaitannya dengan faktor fisik, kimiawi dan biologis.

Etty Riani

Fredinan Yulianda

Isdradjad Setyobudiandi

 

 

MSP622 Konservasi Sumberdaya Perairan 3(2-1)
 
Pengertian dan proses biologi dan ekologi perairan untuk kepentingan pengelolaan konservasi sumberdaya perairan.

Fredinan Yulianda

Muhammad Fajar Rahardjo

Mohammad Mukhlis Kamal

Nurlisa A. Butet

 

 

 

MSP628 Konservasi Sumberdaya Ikan 3(2-1)
 
Status dan pemanfaatan keanekaragaman ikan (organisme akuatik). Analisis berbagai ancaman terhadap eksistensi keanekaragaman ikan. Pengembangan, penerapan, dan evaluasi teknik konservasi (in situ dan ex situ) yang mencakup perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan.

Muhammad Fajar Rahardjo

Ridwan Affandi

Charles PH. Simanjuntak

 

 

MSP629 Ekotoksikologi Perairan Lanjutan 3(2-1)
 
Pemahaman mengenai absorbsi, akumulasi, distribusi, dan ekskresi toksikan; biotransformasi xenobiotik, determinasi, aktivitas enzim, konsep-konsep induksi, toksisitas akut, sub-akut dan kronik, serta hubungannya dengan biota perairan.

Djamar TF. Lumban Batu

Etty Riani

 

 

 

MSP62A Bioekologi Larva Akuatik 3(2-1)
 
Mata kuliah ini mengkaji proses perkembangan awal kehidupan hewan akuatik, mengaplikasikan metode, analisis, dan model-model pertumbuhan baik proses somatik, perkembangan struktur keras dari tubuh seperti otoliths, maupun proses biokimiawi, kemudian mengestimasi mekanisme dan tingkat keberhasilan rekrutmen yang merupakan interaksi antara kondisi biologis dan kondisi lingkungan perairan.

Charles PH. Simanjuntak

Mohammad Mukhlis Kamal

 

 

MSP62B Mamalogi dan Herpetologi Lanjutan 3(2-1)
 
Aspek biologi dan ekologi mammalia, reptil dan amfibi, dengan penekanan pada persebaran, adaptasi, dan perilaku terkait dengan pertumbuhan dan reproduksi. Tingkat keterancaman di alam.
Djamar T. F. Lumban Batu

Muhammad Fadjar Rahardjo

Mohammad Mukhlis Kamal

 

MSP631 Pengkajian Stok Ikan 3(2-1)
 
Teknik-teknik pendugaan stok baik secara analitik/struktural, global maupun gabungannya (holistik).  Pembahasan dilakukan melalui model-model sederhana dan model-model yang lebih kompleks seperti surplus yield model dan peramalan tangkapan serta dynamic pool model  yang diperlukan dalam pengelolaan sumberdaya perikanan yang berkelanjutan Verifikasi dan validasi penggunaan model terhadap pengaruh penangkapan terhadap stok, dan evaluasi serta simulasi untuk pengelolaan sumberdaya perikanan.
Mennofatria Boer

Achmad Fahrudin

Rahmat Kurnia

 

MSP632 Model dan Simulasi Perikanan 3(2-1)
 
Peranan pemodelan dan simulasi dalam pengelolaan sumberdaya perikanan.  Unsur dan prosedur pemodelan.  Model analitik berdasarkan persamaan diferensial.  Model analitik berdasarkan asumsi keseimbangan dinamis.  Penelusuran model untuk data hasil percobaan.  Model sistem multi komponen.  Pemodelan probabilistik.  Aplikasi model-model matematik untuk simulasi pengelolaan sumberdaya perikanan dengan menggunakan komputer.
Rahmat Kurnia

Mennofatria Boer

 

MSP633 Pengelolaan Sumber daya Perikanan Lanjutan 3(2-1)
 
Identifikasi sumberdaya perikanan dan pemanfaatan sumberdaya ikan berdasarkan konsep-konsep fungsi dan struktur ekosistem bagi kehidupan ikan.  Konsep pemanfaatan dan tingkat eksploitasi terhadap populasi (daur hidup, umur, ukuran pertama kali memijah, peremajaan dan yield/recruit) di berbagai tipe ekosistem menjadi dasar bagi pemanfaatan, pengendalian dan pengaturan untuk optimasi sumberdaya ikan.
Yonvitner

Luky Adrianto

Zairion

 

MSP63C Analisis Multifaktor Sumberdaya Perairan 3(2-1)
 
Mata kuliah ini menjelaskan teori dan metode peubah ganda dalam mempelajari faktor-faktor penciri sumberdaya perairan melalui regresi linear berganda, sidik ragam berganda dan sidik peubah ganda (sidik komponen utama, sidik gerombol, sidik diskriminan, sidik koresponden dan sidik faktor).
Mennofatria Boer

Rahmat Kurnia

 

MSP63D Genetika Populasi dan Molekular 3(2-1)
 
Prinsip-prinsip genetika molekuler dan genetika populasi, serta integrasi kedua disiplin ilmu tersebut untuk mengidentifikasi status populasi biota perairan sampai pada tingkat sub-populasi untuk tujuan pengelolaan kelestarian sumberdaya perikanan.
Nurlisa Alias Butet

Kadarwan Soewardi

Ali Mashar

 

PPS500 Bahasa Inggris 3(3-0)
 
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana baik program magister maupun doktor. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.

Staf SPs

 

 

PPS690 Seminar 1(0-1)
 
Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian (tesis atau disertasi) dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana untuk mendiseminasikan hasil penelitian , baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah Memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan usulan proyek dan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide dan transparansi, serta penggunaan komputer dengan Liquid Crystal Display (LCD) Viewer

Staf SPs

 

 

STK511 Analisis Statistika 3(2-1)
 
Penelusuran model-model keragaman berdasarkan data percobaan dan survei; prinsip-prinsip perancangan percobaan; percobaan berfaktor; berbagai rancangan percobaan baku; analisis ragam dan analisis peragam. Regresi linier; uji sisa dan pencilan serta uji kesesuaian model.

Mennofatria Boer

Rahmat Kurnia

 

Categories

Upcoming Events

There are no upcoming events at this time.