Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Home
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi Misi
    • Ketua Departemen
    • Struktur Organisasi
    • Kaleidoskop Pimpinan
    • Program Kerja
    • Fasilitas
  • Divisi
    • KSP
    • PROLING
    • MSPi
  • Staf
    • Staf Pendidik
    • Staf Kependidikan
  • Akademik
    • Manajemen Sumberdaya Perairan (S1)
      • Penyelesaian Tugas Akhir
        • Substansi-Proposal
        • Seminar
        • Ujian Sarjana
    • Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (S2 & S3)
    • Pengelolaan Sumberdaya Perairan (S2 & S3)
  • Publikasi
  • Penelitian
  • Pengabdian
  • Kemahasiswaan
    • Beasiswa
    • HIMASPER
    • Prestasi Mahasiswa
  • Alumni
    • Registrasi Alumni
    • Himpunan Alumni
    • Kuesioner Alumni
  • Event
    • Simposium Internasional 2020
  • Galeri Foto
  • SDG-14
    • Healty Ocean
    • Productivity Marine Ecosystem
    • Wealthy Livelihood
  • Download
Departemen
  • Lowongan Kerja
  • Penerimaan Mahasiswa Sarjana
  • Penerimaan Mahasiswa Pascasarjana
  • ">Bahasa: Indonesia
    •  English">English English
    •  Indonesia">Indonesia Indonesia
  • Laman Depan
  • Akademik
  • Tahap Pengajuan serta Pelaksanaan Seminar dan Ujian Sarjana secara Daring

Tahap Pengajuan serta Pelaksanaan Seminar dan Ujian Sarjana secara Daring

20/04/2020 Ditulis oleh mspipb

Pengajuan Seminar

  1. Sebelum mengajukan seminar, mahasiswa mengajukan verifikasi dokumen kepada Program Studi melalui tautan ly/VerifikasiDokSeminarMSP. Dokumen yang disertakan dalam pengajuan verifikasi adalah:
    1. Kartu kendali tugas akhir yang telah diisi di bagian kolom materi konsultasi sebanyak minimal 3 (tiga) kali konsultasi dengan masing-masing dosen pembimbing I dan II. Paraf dosen pembimbing I dan II dapat diganti dengan bukti komunikasi dengan pembimbing I dan II terkait hal tersebut.
    2. Butir-butir penilikan skripsi yang sudah diceklis di tautan ly/ButirSkripsiMSP.
    3. Draft ringkasan seminar.
  2. Program Studi akan mengirimkan email pemberitahuan kepada mahasiswa terkait dengan hasil verifikasi (memenuhi/belum memenuhi kelengkapan).
  3. Setelah verifikasi disetujui, mahasiswa dapat melakukan pengajuan seminar ke Program Studi melalui tautan ly/PengajuanSeminarMSP. Persyaratan yang dibutuhkan dalam pengajuan adalah:
    1. Formulir persetujuan pelaksanaan seminar yang telah disetujui oleh dosen pembimbing dan Program Studi. Mahasiswa dapat mengisi formulir tersebut di tautan ly/FrmPersetujuanSeminarMSP setelah verifikasi dokumen seminar disetujui (memenuhi kelengkapan). Setelah melakukan pengisian formulir, mahasiswa melakukan konfirmasi kepada Bagian Administrasi Akademik Program Studi. Bagian Administrasi Akademik akan berkomunikasi dengan dosen pembimbing dan Program Studi terkait persetujuan pelaksanaan seminar.
    2. Kartu seminar (telah mengikuti seminar sekurang-kurangnya 15 kali di Departemen MSP, dan masing-masing 2 kali di luar Departemen MSP)
    3. Draft skripsi yang telah diparaf oleh pembimbing I dan II. Paraf dapat diganti dengan persetujuan yang dilakukan di ly/SetujuDraftSkripsiMSP.
    4. Ringkasan seminar yang telah diverifikasi Program Studi dan diparaf oleh dosen pembimbing I dan II. Paraf dapat diganti dengan persetujuan yang dilakukan di tautan ly/SetujuRingkasanSeminarMSP.
    5. Nama dan NIM calon peserta seminar yang wajib hadir sebanyak minimal 10 mahasiswa aktif.
  4. Program Studi akan mengirimkan email pemberitahuan kepada mahasiswa terkait hasil pengajuan seminar (memenuhi/belum memenuhi kelengkapan).
  5. Setelah pengajuan disetujui, Program Studi akan menentukan dosen perwakilan Program Studi yang menjadi moderator dalam seminar.
  6. Selanjutnya, mahasiwa dapat mengajukan pembuatan undangan seminar di tautan ly/UdgSeminarMSP.
  7. Bagian Administrasi Akademik Program Studi akan mengirimkan surat undangan dan ringkasan seminar kepada dosen pembimbing I dan II serta perwakilan Program Studi melalui email.

 

Pelaksanaan Seminar

  1. Seminar dilaksanakan menggunakan media Zoom Cloud Meetings.
  2. Host seminar adalah Program Studi.
  3. Program Studi akan menyampaikan tautan undangan zoom meeting kepada dosen pembimbing, dosen perwakilan Program Studi, dan mahasiswa (penyaji) melalui email.
  4. Mahasiswa dapat mempublikasikan tautan tersebut sebagai undangan kepada calon peserta seminar. Jumlah minimal peserta yang wajib hadir di seminar adalah sebanyak 10 orang mahasiswa aktif.
  5. Ringkasan seminar harus disampaikan oleh mahasiswa penyaji kepada calon peserta sebelum seminar dilaksanakan.
  6. Zoom meeting akan dibuka 15 menit sebelum seminar. Peserta diperkenankan mengisi presensi dengan menuliskan Nama dan NIM di bagian chat hanya pada waktu tersebut.
  7. Seminar dipimpin oleh moderator, yaitu dosen perwakilan program studi.
  8. Durasi pelaksanaan seminar adalah maksimal 1 jam.
  9. Dosen pembimbing I, pembimbing II, dan dosen perwakilan Program Studi melakukan penilaian seminar di tautan ly/NilaiSeminarMSP.
  10. Moderator mengisi berita acara seminar di tautan ly/BeritaAcaraSeminarMSP.
  11. Setelah melaksanakan seminar, mahasiswa dapat melakukan pengurusan bebas lab di tautan ly/formbebaslab-FPIK.

 

Pengajuan Ujian Sarjana

  1. Sebelum mengajukan ujian sarjana, mahasiswa terlebih dahulu melakukan pengajuan verifikasi kelengkapan dokumen kepada Program Studi di tautan ly/VerifikasiDokSidangMSP. Dokumen yang disertakan dalam pengajuan adalah:
    1. Kartu kendali tugas akhir yang telah diisi di bagian kolom materi konsultasi sebanyak minimal 3 (tiga) kali konsultasi setelah paraf persiapan seminar dengan masing-masing dosen pembimbing I dan II. Paraf dosen pembimbing I dan II dapat diganti dengan bukti komunikasi dengan pembimbing I dan II terkait hal tersebut.
    2. Draft skripsi dan hasil pengecekan draft skripsi di Turnitin. Program Studi memberikan layanan pengecekan draft skripsi di Turnitin. Pengecekan dapat diajukan melalui tautan ly/TurnitinMSP.
  2. Program Studi akan mengirimkan email pemberitahuan kepada mahasiswa terkait hasil verifikasi (memenuhi/belum memenuhi kelengkapan).
  3. Setelah verifikasi selesai, mahasiswa dapat melakukan pengajuan telaah (review) skripsi oleh GKM ke Program Studi melalui tautan ly/PengajuanTelaahSkripsiMSP.
  4. Program Studi akan menentukan dosen penelaah dan menyampaikan draft skripsi kepada dosen penelaah.
  5. Dosen penelaah melakukan telaah skripsi dan mengisi formulir telaah skripsi di tautan ly/FormTelaahSkripsiMSP.
  6. Bagian Administrasi Akademik Program Studi akan mengirimkan formulir hasil telaah skripsi yang telah ditandangani oleh Ketua GKM kepada mahasiswa, melalui email.
  7. Selanjutnya, mahasiswa dapat mengisi formulir persetujuan pelaksanaan ujian sarjana di tautan ly/FormPersetujuanSidangMSP. Mahasiswa melakukan konfirmasi setelah pengisian kepada Bagian Administrasi Akademik Program Studi. Bagian Administrasi Akademik akan berkomunikasi dengan pembimbing dan Ketua Program Studi terkait persetujuan pelaksanaan ujian sarjana.
  8. Bagian Administrasi Akademik Program Studi akan mengirimkan formulir persetujuan pelaksanaan ujian sarjana yang telah disetujui oleh pembimbing dan Ketua Program Studi kepada mahasiswa, melalui email.
  9. Selanjutnya, Program Studi akan menentukan dosen penguji tamu dan dosen penguji perwakilan Program Studi.
  10. Program Studi akan menyampaikan nama dosen penguji kepada mahasiswa melalui email.
  11. Mahasiswa menghubungi dosen penguji tamu dan dosen penguji perwakilan Program Studi terkait dengan waktu pelaksanaan ujian.
  12. Selanjutnya, mahasiswa melakukan pengisian formulir permohonan kesediaan menguji di tautan ly/FrmKesediaanMengujiMSP dan melakukan konfirmasi setelah pengisian kepada Bagian Administrasi Akademik Program Studi. Bagian Administrasi Akademik akan berkomunikasi dengan dosen pembimbing dan penguji terkait persetujuan kesediaan menguji.
  13. Selanjutnya, mahasiswa dapat melakukan pengajuan pembuatan undangan ujian sarjana ke fakultas melalui tautan ly/UndSidangSkripsi. Dokumen yang disertakan dalam pengajuan adalah:
    1. Formulir Persetujuan Ujian Skripsi dari Program Studi
    2. Surat Keterangan Bebas Peminjaman Alat-Alat
    3. Bukti Pembayaran SPP 4 Semester Terakhir
  14. Fakultas akan mengirimkan surat undangan menguji kepada mahasiswa melalui email.
  15. Mahasiswa mendistribusikan surat undangan menguji dan draft skripsi kepada dosen pembimbing dan para penguji, secara elektronik.

Pelaksanaan Ujian Sarjana

  1. Ujian sarjana dilaksanakan menggunakan media Zoom Cloud Meetings.
  2. Host ujian adalah Program Studi.
  3. Program Studi akan menyampaikan tautan undangan zoom meeting kepada dosen pembimbing, dosen penguji, dan mahasiswa.
  4. Ujian sarjana dipimpin oleh dosen pembimbing I (Ketua Komisi Pembimbing).
  5. Durasi pelaksanaan ujian adalah maksimal 2 jam.
  6. Dosen pembimbing dan dosen penguji melakukan penilaian di tautan ly/RincianNilaiSidangMSP.
  7. Dosen penguji perwakilan studi mengisi berita acara ujian sarjana di tautan ly/BeritaAcaraSidangMSP dan berita acara perbaikan ujian di tautan bit.ly/BAPerbaikanSidangMSP.
  8. Setelah ujian selesai, perbaikan dengan dosen pembimbing dan penguji dilakukan melalui email.

Akademik
Post serupa
  • Peringati Hari Kepiting Tapal Kuda, D... — Peringati Hari Kepiting Tapal Kuda, Departemen MSP IPB University Gelar Simposium Internasional Studi mengenai distribusi dan populasi terkini Horseshoe Crab atau Kepiting Tapal Kuda sedang menjadi sorotan di kalangan akademisi. Untuk itu, dalam rangka memperingati Horseshoe Crab Day (20 Juni) yang ditetapkan oleh The International Union for Conservation of Nature (IUCN), Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan [...]
  • SESO LAB Dorong Pendekatan Social-Eco... — Paradigma pembangunan pesisir berbasis sumberdaya alam harus diintegrasikan dengan sosial sistem, yang kemudian memunculkan konsep Social-Ecology System (SES).  Walaupun bukan sebuah teori yang baru, namun dalam praktek tata kelola pesisir dan laut selama ini di Indonesia, pendekatan SES ini sangat sedikit mendapat porsi dalam praktek tata kelola pesisir dan laut.  Adalah Dr Luky Adrianto M.Sc [...]
  • IOP Conference Series: Earth and Envi... — International symposium. “Coastal ecosystem and biodiversity of Asia-Pacific: Achieving SDG 14” 12–16 August 2019, Bogor, Indonesia Volume 420 The SCESAP International Symposium hosted together by the Department of Aquatic Resources Management, Faculty of Fisheries and Marine Sciences, IPB University, Bogor, Indonesia – the first and the largest fisheries and marine sciences faculty in Indonesia, and [...]
  • Aswin (Mahasiswa PS-SPL) Meraih Prest... — Selamat atas prestasi membanggakan yang diraih oleh Aswin mahasiswa Program Magister Program Studi Pengelolaan Pesisir dan Lautan (PS-SPL) sebagai 2nd Best Paper for Master Graduate Program Kyoto University International Symposium on Education and Research in Global Environmental Studies in Asia, 26-28 Nov 2019. [...]
  • Info Lowongan Pekerjaan — [...]
IOP Conference Series: Earth and Environmental Science
CORONAVIRUS COVID-19: A MASTER SCIENCE CLASS

Bahasa:

  • English (en)English
  • Indonesia (id)Indonesia

Staf Pendidik

  • Dr. Ir. Bambang Widigdo
  • aliati iswantari

International Symposium on Aquatic Resources Management (ISARM)

Terakreditasi

 

Kontak

  • Sekretariat:
    Jl. Agatis Gedung Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Kampus IPB Darmaga Bogor, Jawa Barat – Indonesia
  • Email: msp-fpik@apps.ipb.ac.id, ipbmsp@gmail.com
  • Telepon: +62 251 8622 932

Arsip

Fans Page

Lokasi

Flag Counter

Dept. MSP FPIK IPB © 2017