Akreditasi sejatinya adalah suatu pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi. Secara simpelnya, akreditasi adalah nilai kampus atau sekolah tersebut dalam beberapa kriteria. Akreditasi dilakukan setiap 5 tahun sekali.

Tahun ini Program Studi S2 Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PS-SPL) memperpanjang status akreditasi yang sebelumnya mendapat predikat A dari BAN-PT. Pada tanggal 21-22 Oktober 2019 PS-SPL kembali dikunjungi oleh Asesor BAN-PT untuk melakukan Asesmen Lapangan (Visitasi) Reakreditasi.  Pada kesempatan itu, Tim Asesor BAN-PT di wakili oleh Prof. Dra. Norma Afiati, B.Sc, M.Sc, Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Andi Niartiningsih, MP untuk melakukan verifikasi data penilaian borang akreditasi yang sebelumnya telah di upload ke Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

Alhamdulillah kegiatan visitasi reakreditasi Program Magister PS-SPL tahun ini berjalan dengan sukses dan lancar. Semua berkat dukungan, dan doa dari semua pihak yg terlibat.

Dengan demikian, Sivitas Akamedika Departmen MSP mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara visitasi akreditasi PS-SPL, Mulai dari para Pimpinan dan pejabat struktural IPB. khususnya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Dosen, Staf Kependidikan, Alumni, Mahasiswa S2 PSL-SPL dan pengguna lulusan PS-SPL atas segala partisipasi, sumbangsih dan dukungannya sehingga asesmen lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga Program S2 PS-SPL dapat mempertahankan mutu pendidikan disegala aspek dengan memperoleh nilai predikat A.