Departemen MSP, FPIK-IPB dan Departemen MSP, FIKP UMRAH bekerja sama menyelenggarakan SESO Academy Session 1. Selasa-Kamis, 28-30 Desember 2021.

Dalam rangka meningkatkan kualitas ekosistem akademik di lingkup keilmuan Manajemen Sumberdaya Perairan, khususnya dalam keilmuan _Social-Ecological System of the Ocean (SESO)_, Departemen MSP FPIK-IPB bekerja sama dengan Departemen MSP FIKP UMRAH menyelenggarkan sharing session yang mengambil topik : “Introduction to Social-Ecological Network Analysis (SENA)”. Sharing session ini merupakan bagian dari kegiatan Divisi Manajemen Sumberdaya Perikanan Departemen MSP FPIK-IPB khususnya Laboratorium Social-Ecological System of the Ocean (SESO Lab) yang dikemas dalam branding SESO Academy.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FPIK-IPB, Dr. Fredinan Yulianda seraya berharap bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kolaborasi antar dosen, peneliti, masyarakat sipil dan mahasiswa terkait bidang keilmuan MSP. Dalam sambutannya, Dekan FIKP UMRAH, Dr. T. Ersti Yulika Sari menyambut baik kolaborasi ini sebagai bagian dari Kampus Merdeka Merdeka Belajar sekaligus meningkatkan kualitas ekosistem akademik di kedua fakultas. Selanjutnya, Ketua Departemen MSP, FPIK-IPB Dr. Majariana Krisanti menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi program departemen untuk melakukan sharing kepada publik terkait bidang ilmu yang ada di bawah koordinasi departemen.

SESO Academy Session 1 ini bertujuan untuk memperkenalkan pendekatan Sistem Sosial-Ekologi sekaligus kerangka tools analisis Social-Ecological Network Analysis (SENA), demikian Dr. Luky Adrianto, Chairperson SESO Lab, dalam pengantarnya. SESO Academy Session 1 difasilitasi oleh Dr. Luky Adrianto dan Dr. Andi Zulfikar, dosen FIKP UMRAH yang saat ini sedang mengikuti program Post Doctoral Fellow (PDF) di SESO Lab. Kegiatan SESO Academy Session 1 yang diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 28-30 Desember 2021 ini diikuti oleh 114 peserta dari berbagai universitas, lembaga riset, dosen, peneliti dan mahasiswa.

SESO Academy selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan selama 3 sesi sepanjang tahun 2022.