Pengajuan Ujian Sarjana

  1. Sebelum mengajukan ujian sarjana, mahasiswa terlebih dahulu melakukan pengajuan verifikasi kelengkapan dokumen kepada Program Studi di tautan ly/VerifikasiDokSidangMSP. Dokumen yang disertakan dalam pengajuan adalah:
    1. Kartu kendali tugas akhir yang telah diisi di bagian kolom materi konsultasi sebanyak minimal 3 (tiga) kali konsultasi setelah paraf persiapan seminar dengan masing-masing dosen pembimbing I dan II. Paraf dosen pembimbing I dan II dapat diganti dengan bukti komunikasi dengan pembimbing I dan II terkait hal tersebut.
    2. Draft skripsi dan hasil pengecekan draft skripsi di Turnitin. Program Studi memberikan layanan pengecekan draft skripsi di Turnitin. Pengecekan dapat diajukan melalui tautan ly/TurnitinMSP.
  2. Program Studi akan mengirimkan email pemberitahuan kepada mahasiswa terkait hasil verifikasi (memenuhi/belum memenuhi kelengkapan).
  3. Setelah verifikasi selesai, mahasiswa dapat melakukan pengajuan telaah (review) skripsi oleh GKM ke Program Studi melalui tautan ly/PengajuanTelaahSkripsiMSP.
  4. Program Studi akan menentukan dosen penelaah dan menyampaikan draft skripsi kepada dosen penelaah.
  5. Dosen penelaah melakukan telaah skripsi dan mengisi formulir telaah skripsi di tautan ly/FormTelaahSkripsiMSP.
  6. Bagian Administrasi Akademik Program Studi akan mengirimkan formulir hasil telaah skripsi yang telah ditandangani oleh Ketua GKM kepada mahasiswa, melalui email.
  7. Selanjutnya, mahasiswa dapat mengisi formulir persetujuan pelaksanaan ujian sarjana di tautan ly/FormPersetujuanSidangMSP. Mahasiswa melakukan konfirmasi setelah pengisian kepada Bagian Administrasi Akademik Program Studi. Bagian Administrasi Akademik akan berkomunikasi dengan pembimbing dan Ketua Program Studi terkait persetujuan pelaksanaan ujian sarjana.
  8. Bagian Administrasi Akademik Program Studi akan mengirimkan formulir persetujuan pelaksanaan ujian sarjana yang telah disetujui oleh pembimbing dan Ketua Program Studi kepada mahasiswa, melalui email.
  9. Selanjutnya, Program Studi akan menentukan dosen penguji tamu dan dosen penguji perwakilan Program Studi.
  10. Program Studi akan menyampaikan nama dosen penguji kepada mahasiswa melalui email.
  11. Mahasiswa menghubungi dosen penguji tamu dan dosen penguji perwakilan Program Studi terkait dengan waktu pelaksanaan ujian.
  12. Selanjutnya, mahasiswa melakukan pengisian formulir permohonan kesediaan menguji di tautan ly/FrmKesediaanMengujiMSP dan melakukan konfirmasi setelah pengisian kepada Bagian Administrasi Akademik Program Studi. Bagian Administrasi Akademik akan berkomunikasi dengan dosen pembimbing dan penguji terkait persetujuan kesediaan menguji.
  13. Selanjutnya, mahasiswa dapat melakukan pengajuan pembuatan undangan ujian sarjana ke fakultas melalui tautan ly/UndSidangSkripsi. Dokumen yang disertakan dalam pengajuan adalah:
    1. Formulir Persetujuan Ujian Skripsi dari Program Studi
    2. Surat Keterangan Bebas Peminjaman Alat-Alat
    3. Bukti Pembayaran SPP 4 Semester Terakhir
  14. Fakultas akan mengirimkan surat undangan menguji kepada mahasiswa melalui email.
  15. Mahasiswa mendistribusikan surat undangan menguji dan draft skripsi kepada dosen pembimbing dan para penguji, secara elektronik.

Pelaksanaan Ujian Sarjana

  1. Ujian sarjana dilaksanakan menggunakan media Zoom Cloud Meetings.
  2. Host ujian adalah Program Studi.
  3. Program Studi akan menyampaikan tautan undangan zoom meeting kepada dosen pembimbing, dosen penguji, dan mahasiswa.
  4. Ujian sarjana dipimpin oleh dosen pembimbing I (Ketua Komisi Pembimbing).
  5. Durasi pelaksanaan ujian adalah maksimal 2 jam.
  6. Dosen pembimbing dan dosen penguji melakukan penilaian di tautan ly/RincianNilaiSidangMSP.
  7. Dosen penguji perwakilan studi mengisi berita acara ujian sarjana di tautan ly/BeritaAcaraSidangMSP dan berita acara perbaikan ujian di tautan bit.ly/BAPerbaikanSidangMSP.
  8. Setelah ujian selesai, perbaikan dengan dosen pembimbing dan penguji dilakukan melalui email.